A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/smpd1229/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/smpd1229/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

PRESTASI LITERASI SMP NEGERI 5 KEBUMEN | SMP NEGERI 5 KEBUMEN

SMP NEGERI 5 KEBUMEN

Jalan Soekarno Hatta No. 122 Kebumen Propinsi Jawa Tengah

"Membangun Generasi Yang Cerdas, Spiritual, Emosional & Intelektual"

PRESTASI LITERASI SMP NEGERI 5 KEBUMEN

Jum'at, 23 September 2022 ~ Oleh Admin SMP Negeri 5 Kebumen ~ Dilihat 1007 Kali

Pada tahun ajaran 2021/2022, salah satu program unggulan SMP Negeri 5 Kebumen adalah Kegiatan Literasi. Mengapa kegiatan literasi dijadikan program unggulan? Ini merupakan salah satu upaya SMP Negeri 5 Kebumen untuk meningkatkan kompetensi literasi peserta didik. Seperti kita ketahui bahwa Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) saat ini sangat menekankan pentingnya penguatan kompetensi literasi.

Bahkan salah satu kebijakan Merdeka Belajar yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek bertujuan untuk menguatkan literasi dan numerasi peserta didik. Selain itu Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 tahun 2022 tentang Perubahan PP Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan menyatakan bahwa salah satu standar kompetensi lulusan pada Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar difokuskan pada penumbuhan kompetensi literasi dan numerasi peserta didik untuk mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Langkah awal yang dilakukan  oleh SMP Negeri 5 Kebumen untuk meningkatkan kompetensi literasi peserta didik, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan adalah dengan mengikuti Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) bekerjasama dengan Nyalanesia.  Ternyata, langkah awal itu membawa dampak positif bagi kegiatan literasi sekolah.

Alhamdulillah, selama satu tahun ajaran ini banyak prestasi literasi yang diraih oleh SMP Negeri 5 Kebumen. Prestasi yang paling membanggakan adalah SMP Negeri 5 Kebumen berhasil meraih juara 2 Website Literasi Sekolah Tingkat Nasional Pada ajang Festival Literasi Nasional 2021 dan menjadi Nominee 50 Sekolah Aktif Literasi Nasional.

Selain itu, pada tahun ajaran ini pula banyak lahir buku-buku hasil karya tulis tenaga pendidik, peserta didik dan tenaga kependidikan SMP Negeri 5 Kebumen. Baik berupa buku solo maupun buku antologi. Berikut ini adalah karya-karya yang berhasil diterbitkan:

  1. Antologi Puisi Curahan Hati 4 Srikandi. Buku ini adalah hasil karya 4 tenaga pendidik SMP Negeri 5 Kebumen, yaitu : Ibu Sri Andayani,S.Pd., Ibu Rita Nursiati, S.Pd., Ibu Dwi Asih Harwati, S.Pd., dan Ibu Dwi Juliastuti, S.Pd.
  2. Antologi Puisi Sonian. Antologi puisi ini merupakan antologi puisi bersama penulis dari  3 negara, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Singapura. SMP Negeri 5 Kebumen diwakili oleh 5 tenaga pendidiknya, yaitu: Ibu Sri Andayani,S.Pd., Ibu Rita Nursiati, S.Pd., Ibu Dwi Asih Harwati, S.Pd., Ibu Sri Ngusriyani, S.Pd., dan Ibu Dwi Juliastuti, S.Pd.
  3. Antologi Puisi Titian Ilmu. Antologi puisi ini merupakan antologi puisi peserta didik hasil kerjasama dengan Nyalanesia pada Program Festival Literasi Kebumen.
  4. Antologi Cerpen Persahabatan. Buku ini merupakan antologi cerpen hasil karya bersama antara tenaga pendidik dan peserta didik SMP Negeri 5 Kebumen.
  5. Antologi Puisi Oase Hati. Antologi puisi ini adalah hasil karya Bapak Kepala Sekolah SMP Negeri 5 Kebumen, Bapak Budi Santoso, S.Pd.M.Pd. bersama 3 tenaga pendidik SMP Negeri 5 Kebumen, Yaitu Bapak Farid Rachmat, S.Pd, Ibu Dwi Asih Harwati, S.Pd., dan Ibu Dwi Juliastuti, S.Pd.
  6. Antologi Puisi berjudul “Goresan Pena Ungkapan Rasa”. Buku ini merupakan Karya solo tenaga pendidik SMP Negeri 5 Kebumen, yaitu Ibu Dwi Asih Harwati, S.Pd.
  7. Antologi Puisi berjudul “Untaian Aksara”. Buku ini merupakan Karya solo tenaga pendidik SMP Negeri 5 Kebumen, yaitu Ibu Sri Ngusriyani, S.Pd.
  8. Antologi Puisi berjudul “Rindu”. Buku ini merupakan Karya solo tenaga pendidik SMP Negeri 5 Kebumen, yaitu Ibu Bagianti, S.Pd.
  9. Terakhir  adalah Antologi Puisi berjudul “Lentera Ilmu”. Buku ini hadir sebagai hadiah untuk HUT SMP Negeri 5 Kebumen yang ke-43. Buku antologi puisi ini adalah buah karya dari Bapak Kepala sekolah, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP Negeri 5 Kebumen.

Itulah beberapa prestasi literasi yang diraih SMP Negeri 5 Kebumen. Tentu saja puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT karena dengan izin-NYA lah semua itu dapat terjadi. Kami berharap di tahun ajaran 2022/2023 ini prestasi-prestasi literasi akan terus dapat  ditorehkan dan semakin meningkat baik secara kuantitas maupun kualitas. Aamiin.

 

 

KOMENTARI TULISAN INI