A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Division by zero

Filename: public/Readmore.php

Line Number: 37

Backtrace:

File: /home/smpd1229/public_html/application/controllers/public/Readmore.php
Line: 37
Function: _error_handler

File: /home/smpd1229/public_html/index.php
Line: 315
Function: require_once

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2020 | SMP NEGERI 5 KEBUMEN

SMP NEGERI 5 KEBUMEN

Jalan Soekarno Hatta No. 122 Kebumen Propinsi Jawa Tengah

"Membangun Generasi Yang Cerdas, Spiritual, Emosional & Intelektual"

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2020

Minggu, 01 Nopember 2020 ~ Oleh Admin SMP Negeri 5 Kebumen ~ Dilihat 2651 Kali

Sabtu, 31 Oktober 2020 dilaksanakan kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Aula SMP Negeri 5 Kebumen. Acara diikuti oleh seluruh guru dan karyawan.

Maulid Nabi tahun ini jatuh pada hari Kamis tanggal 29 Oktober 2020. Kata maulid dalam bahasa Arab berarti hari lahir dan Maulid Nabi adalah hari raya peringatan lahirnya Nabi Muhammad SAW. Umat Islam di berbagai negara merayakan Maulid Nabi setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. 

Pada tahun 2020, 1 Rabiul Awal bertepatan dengan Minggu, 18 Oktober. Sehingga peringatan Maulid Nabi jatuh pada tanggal 29 Oktober 2020 bertepatan dengan hari Kamis. Di Indonesia, hari Maulid Nabi merupakan hari libur nasional.

Maulid Nabi adalah hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, momen penting dalam kehidupan sang Rasulullah dan juga agama Islam. Allah SWT mengutus Nabi Muhammad sebagai rahmat bagi alam semesta.

"Dan tiada lah Kami mengutus engkau (Muhammad), melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam," firman Allah SWT dalam Alquran surat Al Anbiya ayat 107.

Nabi Muhammad dilahirkan di Makkah dari ibu bernama Aminah dan ayah bernama Abdullah. Nabi Muhammad lahir pada 12 Rabiul Awal pada tahun Gajah atau peristiwa tentara bergajah yang menyerang Mekkah. Tahun Gajah bertepatan dengan tahun 571 dalam kalender Romawi.

Umat Islam dapat memperingati Maulid Nabi untuk mengenang Rasulullah SAW. Peringatan Maulid Nabi dapat dilakukan secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Namun, di masa pandemi Covid-19 ini, pastikan peringatan Maulid Nabi dilakukan sesuai protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran infeksi virus corona.

Memperingati Maulid Nabi dapat dilakukan dengan sejumlah cara, seperti:
1. Memperbanyak selawat dan doa untuk junjungan umat Islam, yakni Nabi Muhammad SAW
2. Meneladani kisah dan sifat Nabi Muhammad SAW
3. Mendekatkan diri kepada Allah dan Rasulullah
4. Menyantuni anak yatim
5. Puasa sunah

Sekilas Info

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT